Its all about me . . .

Minum Susu Apabila Sulit Tidur

Susu dikenal sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna. Artinya, minum susu akan melengkapi gizi yang kita konsumsi sehari-hari. Oleh sebab itu sangat dianjurkan dalam menu makanan sehari-hari selalu dilengkapi dengan susu.

Minum susu 

 Susu banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu metabolisme dalam tubuh menjadi lebih lancar. Karena gizi yang terkandung di dalamnya. Salah satu zat gizi penting yang terdapat dalam susu adalah “Protein” yang berasal dari protein hewani, yang mempunyai nilai biologis yang tinggi. Protein tersusun dari asam-asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Anda mungkin pernah mendengar pernyataan “minumlah susu apabila sulit tidur”. Mengapa? Ternyata kandungan asam amino “triptofan” sebagai salah satu pembentuk protein banyak terkandung dalam susu. Tritofan ini akan merangsang tubuh memproduksi “serotonin”. Serotonin berfungsi untuk menimbulkan rasa tenang dan rileks pada tubuh, sehingga rasa kantuk dapat segera muncul. Triptofan ini dapat memacu hormone melatonin yang bertugas mengatur jadwal istirahat tubuh. Melatonine merupakan hormone tidur yang terdapat dalam tubuh manusia, yang diproduksi oleh kelenjar pineal dalam otak dan dari tempat itu disuplai keseluruh sel tubuh, yang membawa informasi mengenai waktu (siang, malam, pagi) serta musim apa yang saat ini sedang berlangsung. Biasanya melatonin tidak diproduksi siang hari. Minuman hangat berguna untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh terasa santai. Disarankan untuk minum susu 2 jam sebelum tidur, agar tubuh sempat memproses kandungan gizi yang ada dalam susu tersebut.

Pada usia 40 tahun produksi melatonine dalam tubuh mulai mengalami proses melambat. Hal ini dapat berakibat mulai terjadinya kesulitan tidur. Ditambah lagi dengan timbulnya stress, sehingga semakin menekan produksi melatonin yang berakibat berkurangnya melatonine dalam tubuh.

Penelitian menyatakan bahwa produksi melatonin tergantung dari sinar. Susu sapi yang diperah pada malam hari dan sebelum matahari terbit memiliki kadar melatonin 4 kali lebih tinggi dibanding susu yang diperah pada siang atau sore hari. Susu ini disebut dengan ‘night milk’ dan saat ini masih dilakukan penelitian di Kuopio University, Finlandia untuk mengungkapkan peran dan mekanisme yang jelas untuk peran “susu malam” bagi manusia.

Oleh sebab itu, saatnya sekarang minum susu bukan sebagai pelengkap, tetapi suatu kebutuhan untuk keseimbangan gizi dalam menu sehari-hari. Apalagi saat ini sudah beraneka ragam susu tersedia di pasar dan jangan khawatir gemuk. Karena saat ini ada pilihan susu rendah lemak yang tetap kaya akan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber :
Pangan bagi Kesehatan dan Vitalitas,
     FG. Winarno, tahun 2002
Femina, Oktober 2004
Khasiat susu untuk wanita,
     A. Setiono Mangoenprasodjo, tahun 2004
Tempo, April 2005
Materi Presentasi,
     Prof. Ali Khomsan, tahun 2007

by: nutrition & product development department
edisi 2/npd/bmd/24 maret 2008 

**Dapet dari milis..**

March 28, 2008 - Posted by | Penting Gak Penting |

1 Comment »

  1. KalaU habis minum susu lansung tidur gimana kk?????
    apa efek nya??????

    oh ya susu nya terserah aja ya kk??? kaya’ milo, susu bendera n lain2…

    Comment by NanDa | September 24, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: